Kamis, 31 Desember 2015

7 Manfaat Menjadi Volunteer

3 komentar


Banyak orang yang bilang kalo menjadi seorang volunteer itu capek, gak dapet apa-apa,. Setuju nggak sih? Sebenernya apa sih relawan atau volunteer itu?


Relawan, Sukarelawan atau Volunteer adalah orang yang tanpa dibayar mau menyediakan waktu dan tenaganya untuk mencapai tujuan organisasi. Bisa organisasi sosial, organisasi amal, komunitas, dll. Dengan tanggung jawab yang besar, tanpa atau dengan pelatihan khusus. Tapi biasanya ketika kita ingin menjadi relawan dalam bidang tertentu atau kegiatan amal,sosial atau event kita biasanya dibekali pelatihan juga agar kita bisa menjadi tenaga volunteer yang profesional.


Siapa bilang jadi volunteer gak dapet apa-apa. Ada banyak banget manfaat yang bisa kita dapet kalo jadi seorang volunteer, diantaranya :


1.  Mengurangi Gelisah, Bosen dan Bete

Kalo kita menjadi volunteer, kita nggak cuma ngebuat orang yang dibantu menjadi lebih baik. Bahkan kita sendiri sebagai volunteer bisa meningkatkan optimisme dan kebahagiaan tersendiri. Ketika menolong orang secara ikhlas karena ikhlas sebagai fondasi hidup, wajib kita pelajari, wajib kita pahami, wajib kita amalkan yang nantinya akan timbul rasa positif bahwa kita berguna bagi orang lain dan itu akan menghilangkan pikiran negatif yang ada di dalam pikiran kita.



2. Meningkatkan Networking

Kalau jadi volunteer selain kita dikenal lebih banyak orang kita juga bisa ketemu orang-orang hebat dari berbagai macam organisasi. Karena ketika orang mau menjadi volunteer tanpa bayaran dengan konsisten itu bakal jadi salah satu tolak ukur kalo orang itu bisa menjaga komitmen. Orang-orang yang mengenal kita akan lebih mudah akrab serta mudah mengapresiasi dan menaruh respect sehingga kepercayaan pun gampang kita dapetin untuk masuk kembali ke acara-acara yang akan datang berikutnya.




3. Meningkatkan Qalbun syakirun atau hati yang selalu bersyukur juga kesehatan bagi tubuh kita

Melakukan pekerjaan menjadi relawan di komunitas gerakkan sosial atau event sekalipun manfaatnya besar sekali, kita bisa lebih bersyukur karena yang tadinya hobi “ngeluh” akan perlahan hilang akibat teamwork dan justru nanti kita akan mendapatkan pelajaran berharga untuk menerima keadaan yang ada dengan sepenuh hati dan membantu meningkatkan rasa optimis serta niat baik untuk mengubah keadaan menjadi lebih baik yang berakibat baik bagi tubuh kita, kesehatan lebih membaik karena terus meningkat energi positif di dalam tubuh kita, rasa egois dalam diri pun juga bakal berkurang karena rasa kepedulian kita meningkat. Pokoknya kalian harus merasakan manfaat ini.


4. Hidup Menjadi Lebih Berarti

Manusia pada dasarnya tiada lain hanyalah untuk beribadah kepada Allah. Makna ibadah yang dimaksud tentu saja pengertian ibadah yang benar, bukan berarti hanya shalat, puasa, zakat, dan haji saja, tetapi ibadah dalam setiap aspek kehidupan kita. Kita juga sebagai mahkluk sosial, gak bisa hidup sendiri-sendiri jadi orang yang individualis. Pasti dalam kehidupan kita butuh orang lain seperti orang tua, guru, temen, sahabat, Al azwaju shalihah/pasangan hidup yang sholeh, tetangga, dan orang-orang disekitar kita. Kalo kita peduli sama kondisi sosial di sekitar dan mau menolong dengan sesama, maka hidup ini bakalan jauh lebih berarti. Siapa coba yang nggak seneng kalo hidup dan diri kita ini bermanfaat buat orang lain.




5. Meningkatkan Keterampilan dan Membuat Perusahaan Tertarik

Pengalaman jadi volunteer dalam kegiatan amal atau sosial akan mengasah keterampilan dan sikap optimis kita, Nah, dua hal ini yang bakal menjadi bekal kita ketika mau bekerja di suatu organisasi atau perusahaan, karena pengalaman yang kayak gini akan memperkaya riwayat hidup atau istilah kerennya Curriculum Vitae yang ngebuat perusahaan tertarik sama kita.

6. Banyak Pembelajaran dan Bonus

Suka greget kalau ada orang yang bilang "ada bayarannya nggak?" mungkin dia belum paham arti volunteer dan harus baca lagi dari poin pertama tapi memang keadaanya kita ini melakukan kegiatan volunteer ini karena apa? bayaran? atau apaa? tetap tenang pada pendirian semula, memang saya setuju kalau Sumber Daya Manusia itu harus seenggaknya dapet uang keringet atau uang transportasi dan jangan khawatir soal makan karena di tiap organisasi kegiatan sudah ada yang atur, btw mereka sebagai pembuat acara ada yang sangat menghargai bantuan kita juga jadi ada sedikit amplop dari hasil keringet kita apalagi kalau banyak stand sponsor, kalau kita sudah melakukan tugas yang di amanatkan kita bisa banyak waktu mengambil bonus-bonus di beberapa stand yang ada. Coba saja :)


7. Dapet Pahala, dikelilingi oleh orang-orang yang sholeh dan Ridha Allah

Ini manfaat yang tak terhingga yang bakal kita peroleh ketika mau berkorban dan peduli dengan sesama, banyak silaturahmi atau meetup karena kita mempunyai banyak temen dan Allah juga akan memberi pahala dan ridha-Nya kepada kita karena telah berbuat baik terhadap orang lain.


Masih nggak mau jadi volunteer? Yuk jadi volunteer dan rasakan manfaatnya.


Rabu, 30 Desember 2015

Star Wars: The Force Awakens (2015)

Tidak ada komentar




”A long time ago, in a galaxy, far, far, away”

Kebangkitan saga lawas yang menghadirkan installment terbaru pada tahun 2015. Meski berpindah haluan ke pihak Disney, Star Wars milik George Lucas masih sangat terasa di episode VII ini. Mulai dari pola beberapa sub plot hingga nuansa momen yang epik, semuanya nampak tidak ada yang berubah. Selalu membawa kejutan dari beberapa episode film ‘Star Wars’ ini memang tak lagi hanya sekedar mampu memecahkan rekor finansial di semua episode Star Wars film ini juga mempunyai fanbase dan penjualan merchandise yang tinggi.

George lucas sempat dilibatkan sebagai konsultan kreatif guna hasilnya tidak menyimpang jauh dari yang di tuangkan alur seharusnya. Untuk plotnya diketengahkan adalah masa dari beberapa dekade pasca kejadian di “Return Of Jedi”. 30 tahun berlalu setelah kemenangan Rebel Alliance, rupanya galaksi masih diliputi peperangan. Lahirlah kekuatan aliansi dark side imperial galaksi baru bernama ‘The First Order (pecahan dari Galactic Empire). 

Kembalinya pemeran-pemeran inti dari Mark Hamill (Luke Skywalker), Harrison Ford (Han Solo), Carrie Fisher (Leia Organa), Peter Mayhew (Chewbacca) sampai duo ikon humanoid/droid C-3PO (Anthony Daniels) dan R2-D2, jelas agar tetap menjaga ekspektasi dan masih tetap aktif berjuang dipihak Resistance melawan kekuatan militer baru. Mereka kemudian bergabung dengan para pahlawan generasi baru salah satunya tentulah pemilihan John Boyega (Finn) di balik isu-isu warna kulit sebagai salah satu pemegang kendali utama trilogi baru ini.





Dark VS Light

Salah satu tangan kanan pemimpin besar The First Order, Supreme Leader Snoke (Andy Serkis), yaiu Ben alias Kylo Ren (Adam Driver) yang merupakan putra semata wayang Leia (Carrie Fisher) dan Han Solo (Harrison Ford). (*tiba-tiba banyak yang menanyakan dengan Family Tree di Star Wars) Kenapa Ben jadi TFA jadi anaknya Han Solo & Leia Organa? Bukannya Ben itu anaknya Luke & Mara Jade? Jadi gini karena J. J. Abrams gak ngikutin cerita dari EU (Expanded Universe) sejak Star Wars udah jadi hak milik Disney, jadi gak mesti ngikutin yang sebelumnya. Pokoknya Ren dikisahkan sangat terobsesi pada kejayaan sang kakek, Darth Vader.

Kylo Ren berupaya menghancurkan seluruh Jedi. Tinggal Luke Skywalker ksatria Jedi terakhir, mantan gurunya, yang tersisa, tapi ia menghilang selama satu dekade pasca kematian Darth Vader dan kemenangan Battle of Endor dan sejak itu ia tidak terlihat lagi selama 20 tahun, alasan Luke Skywalker mengasingkan dirinya adalah karena rasa takutnya akan terpengaruh ke sisi gelap Force.

Maka dari itu Kylo Ren sangat keukeuh memburu peta yang menunjukkan lokasi Luke berada. Peta tersebut berada di tangan pilot andalan Resistence yang rupanya menyembunyikannya di droid kesayangannya, BB-8. Dalam pencariannya, pihak pemberontak The Resistance yang dipimpin Leia Organa (Carrie Fisher) mengirim pilot X-wing terbaik di seantero galaksi Poe Dameron (Oscar Isaac) ke Planet Jakku untuk menemui tetua Lor San Tekka (Max Von Sydow) untuk mencari sambungan peta lokasi Luke yang sebagiannya tersimpan dalam memori droid BB-8 milik Poe.

Singkat cerita, poe yang sempat tertangkap melarikan diri bersama Finn (John Boyega) putra dari Lando Carlrissan, Finn adalah stormtrooper berhati emas yang menolongnya, namun sayangnya kembali terpisah oleh sebuah kecelakaan. Di situlah kemudian, Finn yang mencari BB-8 atas penjelasan Poe bertemu dengan Rey (Daisy Ridley) pemulung angkasa yang lantas bertualang bersamanya dan bergabung dengan jagoan-jagoan angkasa dan sisa-sisa The Force untuk meneruskan quest pencarian Luke di tengah kejaran The First Order.




 

Daisy Ridley & John Boyega

Namun bintang sebenarnya tetaplah Teteh Daisy Ridley. seorang remaja 170 cm, yang memiliki kepandaian alami dalam hal mekanik, menerbangkan pesawat, dan bela diri. Momen-momen kelahiran Force pun kembali terjadi, walau lewat Rey, yang belum diketahui asal usul Force mengalir kuat dalam dirinya. (?) Sementara karakter pendampingnya, Finn, adalah pria yang lugu dimana ia hanya ingin hidup tenang dan kemudian berpura-pura sebagai anggota Resistence karena takut masa lalunya akan membuat orang-orang di sekelilingnya tentunya memiliki jiwa humoris.
 
Beruntung, muncul banyak pertanyaan sana-sini, termasuk seputar Rey, mengindikasikan bahwa sutradara selanjutnya, Rian Johnson (Looper, The Brother’s Bloom) punya banyak materi untuk diolah dalam Star Wars Episode VIII. Banyak teka-teki yang sudah J.J Abrams sebar dan memerlukan jawaban. Tinggal tunggu saja bagaimana Ronson mengeksekusi jawaban-jawaban ini menjadi sebuah rangkaian cerita trilogi lebih menarik, melanjutkan apa sudah yang sudah dikerjakan oleh baik oleh Abrams.


Bagaimana dengan trio The Raid? Hemmm jangan berharap terlalu banyak akan penampilan Kang Yayan, Iko Uwais, dan Kang Cecep. Karakter mereka bukan karakter vital tapi kehadiran mereka di film Disney berbujet besar ini tentulah kabar menyenangkan, karena bisa jadi membuat karir mereka cemerlang di perfilman Hollywood juga membawa nama Indonesia. Pokoknya ‘The Force Awakens’ a movie event ‘of the year’




May the force be with you and him! 

Detail Film:
Judul : Star Wars: The Force Awakens
Sutradara : J. J. Abrams
Genre : Petualangan, luar angkasa, aksi
Pemain : Harrison Ford, Daisy Ridley, John Boyega, Carrie Fisher, Adam Driver, Mark Hamill, Oscar Isaac, Andy Serkis
Rating : 8,8/10