Tampilkan posting dengan label Jojogan. Tampilkan semua posting

Rabu, 11 Februari 2015

Wisata Alam Jojogan Pangandaran

9 komentar
Objek Wisata Jojogan adalah objek wisata alam yang berada di Gunungtiga, Selasari - Parigi, Pangandaran. Pemekaran nya dari Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Pangandaran resmi dimekarkan pada 25 Oktober 2012. Kabupaten Pangandaran adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Parigi. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar di utara, Kabupaten Cilacap di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Kabupaten Tasikmalaya di barat. Kabupaten yang terkenal potensi daerah dengan destinasi pariwisatanya ini semakin menjadi permata dengan tempat-tempat yang menyajikan panorama alam yang tak pernah bosan untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jojogan

Jika kita berbicara tentang Pangandaran pasti yang kita ketahui adalah keindahan lautnya, keindahan pantai-pantai di Pangandaran. Namun dalam beberapa bulan terakhir saya mendengar kabar dari keluarga saya yang asli Parigi sama Gunungtiga tentang objek wisata alam baru yang berada di Dusun Gunungtiga, Desa Cintaratu,Kecamatan Parigi. Kabupaten Pangandaran, objek wisata tersebut bernama Jojogan.


Jojogan


Setengah 10 pagi saya berangkat dari terminal Ciamis, menuju pasar Cibenda, ongkos menuju ke pasar Cibenda seharga 30ribu tanpa ac, tenang udara di ciamis sejuk kok apalagi kita di suguhkan pemandangan luasnya sawah yang hijau jadi ngga bakal kepanasan. Dan waktu tempuhnya 3 jam - 4 jam tergantung supir bus nya, Kalau kalian dari jakarta atau Bandung naik aja langsung bus yang ke arah pangandaran nanti bilang ke supirnya atau kenek nya mau turun di pasar cibenda. Nah kalau kalian sama seperti saya dari Ciamis tinggal naik bus nya di terminal Ciamis, banyak banget kok bus yang ke arah Pangandaran, sebenernya sih ada bus yang langsung ke Selasari, Gunung Tiga (lokasi Jojogan berada) tapi yang langsung ke selasari itu jarang soalnya bus nya cuman ada 2, jadi saya lebih memilih naik bus yang menuju Pangandaran dan turunya di pasar Cibenda karena lokasi tersebut yang paling dekat ke selasari. Dari pasar cibenda nah banyak ojeg tuh saya langsung aja naik ojeg dengan ongkos cuman 15-20 ribu pinter-pinter nya kita nawar sih.

Ketika kalian sudah sampai ke tempat Jojogan tapi kemalaman tenang saja di sana sudah terdapat Home Stay yang murah meriah tapi karena saya orangnya suka berbaur dengan orang di sekitarnya akhirnya saya di antarkan langung ke Jojogan karena waktu saya datang masih siang sekitar jam 1 an. Tenang saja akses jalan menuju ke sana cukup baik, para pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun empat.

Jojogan
Jalannya nanjak enaknya sih naik motor.hhe tapi jalan kaki juga bisa, kalau mau ikut saja sama warga disekitar pasti diajak,  apalagi sore-sore banyak yang mau berenang di Jojogan


Saya berkesempatan langsung ikut berburu Babi Hutan yang nantinya buat di duelkan dengan Anjing warga disini. (Adu Bagong namanya)



Ini namanya adu bagong 


Jojogan
Saung tempat beristirahat yang berada di jalan menuju lokasi Jojogan, jadi kalian bisa makan disini sekaligus makan nasi liwet dengan warga Gunungtiga.



Jojogan
Sebelum turun ke lokasi kita bisa lihat dulu luasnya Pantai Batu karas


Jalan turun menuju curug Jojogan



Jika berbicara tentang keindahan alam tentunya merupakan suatu yang sifatnya relatif, namun saya berpendapat bahwa keindahan alam Jojogan sangat mengagumkan. Secara Geografis, letak Jojogan berada di dataran tinggi di Pangandaran, ini bisa dilihat ketika akan memasuki Jojogan, kita akan disuguhi panorama laut yang begitu biru dan luas dari dataran tinggi adapun "wahana" yang bisa kita jumpai dari Objek Wisata Jojogan ini terdiri air terjun dan goa alam yang menjadi sumber mata air yang sekaligus hulu dari sungai yang mengalir ke objek wisata Citumang yang terletak di Desa Bojong dengan alam yang masih sangat hijau.


Jojogan


Jojogan 
                                                  Jalan menuju Jojogan juga sering dipakai treck Motor Cross                                                      



Jojogan
                      Di Wisata Alam Jojogan terdapat 5 objek wisata yang bisa langsung kita jumpai pokoknya paket kumplit

Peringatan: Gua disini bukan kalimat gaul orang jakarte. Karena Gua disini merupakan bentukan alami yang tidak biasa terlepas atau berdiri sendiri dari linkungannya. Di Jojogan terdapat gua, gua tersebut kaya akan Stalaktit dan stalagmi, gua yang dialiri sungai dengan warna air kehijau-hijauan (toska), dengan kedalaman kurang lebih 6 Meter. Dengan adanya sinar matahari masuk ke dalam gua, semakin menambah indah nuansa alam di gua tersebut. Selain tempat berenang yang ada di alam terbuka, Gua yang dialiri sungai tersebut pun bisa kita jadikan tempat untuk berenang asal jangan merusak alamnya semisal membuang sampah sembarang, curat coret dan lain-lain. Disana kalian bisa melakukan kegiatan berenang atau body rafting atau pun kamping. Terdapat fasilitas penyewaan pelampung dan jasa pemandu yang di kelola langsung oleh Karang Taruna Desa Cintaratu.


Tempat untuk berenangnya


Jangan lupa berdoa ya sebelum melakukan kegiatan apapun


Goa Lawang kalau kita menuju kedalamnya itu ada Kali Numpang


Curug Jojogan


Kedung Cilik


Jojogan
Anak kecil.hha


Jojogan
Kedung Bunder tempat berenang nya Bule-bule (weekend) kalau hari-hari biasa kebanyakan warga asli yang berenang. Tinggal pilih.hhe

Objek Wisata Jojogan ini belum lama dibuka untuk umum jadi kebanyakan warga Jawa Barat belum mengetahui nya, Objek Wisata Jojogan selalu ingin memberikan fasilitas yang terbaik untuk pengunjung agar pengunjung tidak bosan untuk datang ke tempat ini lagi, peran serta Pemerintah setempat untuk lebih memfasilitasi dan mewadahi masyarakat yang berada di lingkungan Objek Wisata Jojogan agar mampu menjaga kelestarian dan mengelola Objek Wisata Jojogan ini secara optimal kedepannya.


Mari berkunjung ke Pangandaran

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Mang Buloh,
Tim pemandu wisata Jojogan.
No Hp: 085320270844 atau Line saya: istmewingga ^-^